Badan Bening Mata Berdarah

Aku sempat memiliki kuku tangan yang panjang. Bukan karena aku mau memelihara kuku dan mempercantik diri tetapi karena memang aku malas sekali memotong kuku.

Ketika aku sedang memperhatikan hidungku dan iseng memencet-mencet apa-apa yang sekiranya aneh di hidungky, tanganku meleset dan alhasil kukuku yang panjang itu mendarat di mata kananku.

“God, I’m bleeding. My eye’s bleeding.”

Mata kananku bercucuran darah dan aku lemas melihatnya.

Badan bening terluka dan ada sebuah titik yang membuat bagian mata yang berwarna putih itu merah darah.

Tenang!
Di sini saya akan membagikan tips and trick agar kalian yang mengalami hal yang sama tidak panik.

Jangan dibiarkan terlalu lama, cepat pergi ke apotek terdekat dan belilah salep mata untuk luka luar. Waktu saya beli harganya hanya Rp4000;

Apabila luka mata terlalu dalam langsung saja pergi ke dokter, karena dikhawatirkan luka akan membekas dan meninggalkan warna ungu di badan bening mata.

Resep Membuat Spaghetti Sederhana ala Cheff Desi

Bahan:
1. Mie Spahethy (125 gr)
2. Bawang Bombay (1/2 siung)
3. Tomat (1 buah)
4. Garam
5. Minyak goreng (1 sdm)
6. Daging cincang atau cornet
7. Mentega
8. Saus cabai dan/atau tomat

Cara Membuat:
1. Rebus air hingga mendidih sekitar 1 L.
2. Tuangkan minyak goreng 1 sdm ke dalam rebusan air lalu masukan mie spaghetti.
3. Tambahkan garam secukupnya (seujung kuku saja-JANGAN SAMPAI BERLEBIHAN), aduk rata.
4. Mie spaghetti direbus hingga mencapai kekenyalan yang diinginkan (sekitar 7—10 menit).
5. Apabila sudah masak, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Bumbu Spaghetti:
1. Iris bawang bombay setipis mungkin dan potong tomat bentuk dadu.
2. Panaskan mentega hingga cair, lalu masukkan daging cincang atau cornet ke dalamnya.
3. Aduk rata hingga benar-benar cukup matang lalu campurkan dengan irisan bawang bombay.
4. Jika semua sudah rata kemataangannya, angkat lalu tuangkan bumbu ke atas mie spaghetti.
5. Jangan lupa pakai saos cabai atau/tomat sebagai pelengkap rasa.
6. Letakan tomat dadu ke mie spaghetti, bisa juga ditambahkan dengan sayuran lain sesuai dengan selera.
7. Bisa juga ditambahkan dengan keju yang sudah diparut halus
8. Selamat mencoba…

NB: Ukuran bobot bahan dapat menyesuaikan tergantung dengan kebutuhan

Dampak Buruk Pemakaian Kacamata

Aku sudah memakai kacamata selama +/- 6 tahun.

Pada awalnya, aku menggunakan kacamata dengan lensa negatif 3, baik mata kiri dan kanan. Sekarang negatif 6.

Aku hanya menggunakan kacamata pada saat membaca, menonton layar audiovisual, atau melihat benda-benda yang berjarak lumayan jauh.

Pada saat aku bercermin, ternyata banyak flek yang ditimbulkan karena pemakaian kacamata, di antaranya adalah:
1. timbul kantung mata yang sangat hitam
2. bagian penyanggah kacamata di hidung justru membuat flek, tulang hidung jadi tak beraturan
3. mata berat jika tanpa kacamata karena sudah kecanduan
4. pergi kemana pun, beban bertambah karena harus membawa kacamata.

Hal tersebut membuatku bermimpi, aku ingin cepat pergi ke RSU dan me-lasik mataku.
Aku ingin bebas dari kacamata selamanya.

Mengatasi Bau Mulut

Menurut berbagai referensi, sebagian besar bau mulut disebabkan oleh bakteri penghasil sulfur. Bakteri ini biasanya tinggal di bagian belakang mulut. Munculnya bakteri ini karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Penyebabnya adalah gigi yang berlubang, infeksi gusi, dan xerostomia.

Xerostomia memiliki ciri khusus, yaitu mulut kering, air ludah kental dan sering merasa haus dan harus membasahi kerongkongan. Gejala ini disebabkan oleh dehidrasi, stress yang berlebihan, pemakaian obat kumur yang mengandung alkohol, usia lanjut, radioterapi, serta penggunaan jenis 0bat-obat tertentu.

Bau mulut perlu segera diatasi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai berikut :

1. Jagalah kebersihan dan kesegaran mulut untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Caranya dengan menggosok gigi secara teratur dan benar. Mengonsumsi permen atau memakai penyegar mulut hanya berfungsi menutupi bau, tapi tidak akan menghilangkan bakteri penyebabnya.

2. Karena itu, perhatikan kembali cara kita menggosok gigi, apakah sudah benar atau belum. Bila semua sehat dan bersih, maka mulut tidak akan mengeluarkan bau tidak sedap.

3. Menjaga mulut tetap segar juga sangat penting. Ini bisa ditempuh dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu, juga dengan memperbanyak konsumsi makanan yang berserat, seperti buah-buahan dan sayuran.

4. Bagi yang suka berpuasa, hendaknya memperbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur. Tujuannya agar mulut tetap segar dan tidak terlalu kering.

5. Selain itu, ketika sahur hindari mengonsumsi makanan yang berminyak. Hal penting lainnya, gosoklah gigi setelah berbuka, menjelang tidur, atau setelah menikmati makanan sahur. Bila perlu berkumurlah dengan cairan antiseptik yang dapat membantu menjaga kesegaran mulut. Setelah sahut sebaiknya tidak langsung tidur agar proses pencernaan dalam usus lebih sempurna.

6. Periksalah gigi secara teratur ke dokter. Jika ada gigi yang berlubang, sebaiknya ditambal jika memang masih memungkinkan. Namun jika tidak, maka sebaiknya dicabut.

7. Bau mulut yang segar tentu akan memperlancar komunikasi dengan orang lain. Karenanya, menjaga mulut agar tetap sehat dan segar perlu dilakukan secara benar dan rutin.

sumber:nanankurnia.wordpress.com

Mengatasi Perasaan Cemburu Pasangan Anda

Hubungan yang indah dan harmonis dalam suatu keluarga atau mungkin dalam suatu hubungan persahabatan, partner kerja bahkan dengan kekasih pun bisa sirna gara-gara bibit cemburu. Bahkan mungkin sahabat Anda atau kekasih Anda menjelek-jelekan diri Anda dihadapan orang lain.

Cemburu dapat diartikan berpindahnya rasa kasih sayang ke orang lain atau ke suatu benda yang membuat Anda merasa dinomor-duakan bahkan mungkin dianggap tak ada. Jika ada orang yang belum pernah merasakan cemburu berarti ia belum pernah merasakan arti kata ‘cinta’. Ia belum pernah merasakan cinta karena ia belum pernah memperhatikan orang lain.

Alasan pasangan Anda cemburu, mungkin saja karena pengalaman masa lalu. Dimana ia kurang diperhatikan atau bahkan ditinggalkan orang-tuanya. Dan bisa juga karena ia pernah ditipu oleh mantan kekasih atau sahabat dekatnya.

Ciri-ciri orang yang cemburu, ia akan bersifat possesif, menanyakan segala hal dengan sedetail mungkin, mengkomentari banyak hal terutama hal-hal fisik dan juga kemampuan intelektual.

Jika Anda mengalami hal tersebut, tak perlu panik, berikut beberapa cara jitu menghadapi pasangan yang lagi cemburu:

1. Jangan mengkomentari setiap kekhawatirannya dengan emosi tapi Anda harus tetap tenang.

2. Berikan waktu yang lebih untuk pasangan Anda supaya ia bisa tenang pula dan dapat berpikiran secara logis.

3. Berikan jaminan kepada pasangan Anda bahwa Anda berkomitmen sungguh-sungguh.

Jika diperhatikan lebih dalam lagi maka dibelakang rasa cemburu adalah rasa takut. Coba identifikasikan rasa ketakutan pasangan Anda. Apa sebabnya kemudian diskusikan dengan pasangan Anda. Setelah di diskusikan maka akan ada dua kemungkinan kondisi yang terjadi:

1. Pasangan Anda atau Anda sendiri menyadari bahwa apa yang sedang terjadi dapat membawa dampak buruk dan berkeinginan untuk mengubahnya.

2. Salah satu dari pasangan telah menyadari namun ada 1 pihak yang tidak ingin mengubahnya. Maka Anda harus mendiskusikan bagaimana hubungan Anda selanjutnya.

Untuk menjalin hubungan sukses Anda dan pasangan harus bisa menyisihkan waktu untuk saling berbicara, mendengarkan perasaan pasangan Anda dan mengekspresikan keinginan masing-masing tanpa rasa takut.

Tips Motivasi Mario Teguh

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil

Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan

Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu

Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah

Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda

Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan
Bila anda belum menemukan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan

Kiat Bibir Merona Alami

Anda merasa bibir anda pecah2??

Anda merasa bibir anda kering dan tak merah merona??
Apakah sering muncul kulit mati pada sudut-sudut bibir anda??
ITU TANDANYA ANDA KURANG MINUM DARAH!!!
*aaa~ itu mah udah pada tau ya..*
Tapi..mari saya bocorkan survey saya mengenai trick & treat cara merona-kan bibir. Maaf apabila hasil survey saya mengecewakan.
1. Minum air bening yg banyak, diusahakan jangan dari keran, yah minimal 8 galon gelas.
2. Konsumsilah buah2-an yg ber vitamin C tinggi, minum jus juga OKE.
3. Sering2 lah pakai pelembab bibir yg bernutrisi bagi si bibir (ada ya? ada deh..). Kalo bisa dilapisi pelembab dulu sebelom pake lipstik. Dan hindari pemakaian lipstik merah ketika menjelang tidur waktu malam (mau sinden dimana buuu~?)
4. Kalo udah merasa dehidrasi jangan lupa minum lagi (yaiyalah..) , bawa bekal sebotol air isi ulang ketika jalan2 keluar rumah, selain menghemat uang, hemat sampah juga heee
5. HINDARI NGE-ROKOK! selain bisa menyebabkan impoten, paru2 becek, kelainan jantung, dan membahayakan janin, disamping itu dapat menyebabkan bibir pucat, gigi menguning, dan menyebarkan penyakit TBC.
Oke..begitulah kira-kira cara pada umumnya…



eh? Cara-cara di atas kurang mempan??
Hmm… mungkin bisa coba cara lain, sperti..
6. Gigit-gigit lemah (?) atau menumpuk2 bibir anda sendiri atau emut-emut bibir anda sendiri, ini akan membantu merangsang peredaran darah yg ada di bibir (ah masa??). Tapi jangan minta bantuan orang lain yaa..kecuali sama suami ato istri sendiri sih silahkan..ha he ho..
7. Dan jangan sampe kena ludah/bibir kejilat, katanya sih ludah itu mengandung sesuatu yg dapat mengurangi kelembaban bibir (kata majalah begitu…) tapi klo darurat, silahkan deh…suka-suka anda.
***
***
Cara barusan gak bertahan lama??
err…mungkin bisa dicoba lagi dengan…
8. Sikatlah bibir anda perlahan2 menggunakan sikat gigi yg udah dibasahi (awas ketuker sama sikat WC), klo bisa sikatnya yg lembuuwwts, katanya sih bisa memperlancar peredaran darah di bibir.  Lakukan ini terutama ketika anda menyadari bahwa bibir anda pecah2 ato memproduksi kulit-kulit mati di sudut-sudut bibir anda (DILARANG mengikuti saya menguliti bibir sendiri!) , klo gak ada sikat gigi, mungkin bisa pake kertas tissu, lap, anduk, sapu tangan , ato semacamnya (hindari memakai kertas amplas).
9. Makan makanan yg mengajak bibir anda bergulat sampe bengep2. Ah..maksudnya, makan yg pedes2, ato olesi bibir mu dengan sambel, dijamin! selain bibir menjadi merah alami, bibir akan mengalami sedikit bengkak perubahan ukuran, dengan kata lain…anggep aja jadi terlihat sekxi… (seperti artis holiwud itu lhoo..).
10. Percaya ndak? klo memakai masker ato sapu tangan ato cadar.. pokoknya yg menutupi area hidung n mulut, itu lumayan efektif dalam meronakan bibir secara alami.
Kenapa? menurut mbah Marince…buangan udara yg dikeluarkan melalui hidung, akan terpantul melalui pori-pori kain yang berserat dan berbalik menggerayangi bibir kita yang ada pada bawah hidung, sedangkan udara ‘hangat’ itu dipercaya oleh saya dapat menghangatkan bibir dan menstabilkan kelembaban bibir. Logikanya..dalam udara dingin bibir kita akan memucat bukaann?? *mulai tercium aroma mengarang bebas*
11. Menangislah!! Sadarkah kamu klo kita menangis, bibir pun akan ikut menangis?? mengeluarkan air dari sudut2, sama seperti mata kita.. (eh BUKAN! itu mah ngiler..! hiiiyaa~ )
maksud saya, menangis itu salah satu luapan emosi, otomatis darah akan naik ke kepala kita, dan aliran darah melewati selang2 darah pada wajah kita pula (eh..bener gak sih, bu dokter?) bisa jadi, selain bibir kita yg memerah, wajah dan mata kita juga ikut memerah.. ALL in ONE bukan???
*TUNGGU! kenapa harus menangis? masih banyak tuh luapan emosi yg lain?? tersipu malu misalnya..?*
yaa yeaa ai know, taaapiii, kelebihan dari menangis ini, kemungkinan besar sebagian air mata yg kita produksi akan mengalir ke bawah melalui dan mengenai bibir, otomatis selain memerah, akan jadi lembab.

Tips Menghilangkan Kantung Mata

Sebelumnya, cara untuk mencegah terdapatnya kantong mata adalah sbb :
Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan perbanyak makan makanan berserat.Pastikan tubuh Anda mendapatkan tidur yang cukup. Usahakan tidur telentang dengan kepala di atas bantal yang cukup tebal. Dengan demikian cairan akan mengalir ke bagian tubuh lainnya dan tidak mengumpul di bawah mata
Perbanyaklah minum air putih, karena air putih sangat baik untuk menjaga kesegaran kulit
Mulai saat ini, aturlah jadwal tidur. Minimal tidur cukup selama 6 jam perhari. Bukan hanya kuantitas, tapi tidur yang berkualitas. Tidur tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tatapi juga memberi kesempatan pada bagian bagian tubuh untuk beristirahat, terutama otak.
Cara untuk menghilangkan kantong mata, atau paling nggak bisa memperkecil kantong mata adalah sbb :
Dengan memberikan krim mata pada malam hari pada saat sebelum tidur. Dengan cara menyapukan kearah luar mata. Tapi sebelumnya simpanlah krim mata tersebut didalam kulkas biar dingin dan segar.
Gunakan kantong teh celup yang telah dicelupkan air dingin dan tempelkan pada mata tertutup selama dua sampai lima menit.
Timun yang mengandung zat anti peradangan juga bisa membantu menghilangkan kantong mata. Letakkan irisan timun di mata tertutup selama 15 menit. Oleskan minyak vitamin E di bawah mata dan biarkan semalaman.
Dengan menggunakan es batu, ambil sapu tangan atau washlap, masukkan es kedalamnya, lalu kompres pada mata.
Irisan kentang juga bisa membantu mengatasi kantong mata dan kelopak yang bengkak. Tempelkan pada mata selama 10 menit.
Namun, jika kantong mata tak hilang juga, Anda sebaiknya menemui dokter. Bisa jadi itu merupakan gejala sinusitis atau alergi yang bisa diobati.

Tomat Dongkrak Nafsu Makan

Nafsu makan anak yang rendah sering bikin orangtua resah. Gara-gara makanannya enggak enak? Mungkin saja. Mood makannya lagi kacau? Bisa jadi. Kalau ogah makan itu berlangsung lama, tentu bukan makanan atau mood-nya yang jadi problem. Untuk yang begini, intervensi lempuyang wangi, temulawak, temuhitam, atau jus tomat bisa jadi jalan keluar.
Penulis: Lucie Widowati, staf Puslitbang Farmasi dan Obat Tradisional, Depkes, di Jakarta
Anak emoh makan memang bikin geram. “Sudah capek-capek masak, pas disuruh makan, jawabnya cuma ogah dan ogah,” bilang Astrid, ibu muda, sambil memandangi putranya yang berusia tujuh tahun. “Sudah saya bawa ke dokter, tapi tetap enggak ada perubahan,” imbuhnya.
Padahal, dalam masa pertumbuhan, anak-anak butuh nutrisi sumber energi (semisal karbohidrat dan lemak) yang cukup agar lancar melakukan banyak aktivitas. Selain itu, mereka juga butuh vitamin, mineral, dan serat, semuanya penting untuk menjaga kesehatan. Makanan yang disuguhkan ibunda di rumah setidaknya mengandung satu unsur nutrisi serta sejumlah vitamin, mineral, dan serat. Gabungan unsur-unsur itulah yang sering disebut dengan gizi.
Nah, yang membuat Astrid pusing, Aldo, anaknya, lebih suka makan permen ketimbang makanan bergizi yang disediakan di rumah. “Lihat, badannya lebih kurus ketimbang teman-teman sebayanya yang montok-montok,” keluh karyawati sebuah Bank di bilangan Jln. Jenderal Sudirman, Jakarta, itu. Nada bicaranya seperti orang putus asa. “Omong-omong, kamu pernah mencoba jalur alternatif, enggak?” tanya Maria, rekan kerjanya tiba-tiba.
Karena efek sampingan
Sebagai “ibu modern”, Astrid agak gelagapan waktu ditanya soal “jalur alternatif” buat mengobati anak yang susah makan. “Memangnya ada?” sergahnya. Kepada Maria, dia mengaku selama ini lebih sering pergi ke dokter untuk meminta saran. “Dokter biasanya memberi ‘obat’ penambah nafsu makan. Tapi sampai saat ini, efeknya masih belum seperti yang saya harapkan,” jelas Astrid lagi.
Astrid barangkali kurang memahami, khasiat “penambah nafsu makan” dalam obat-obatan konvensional sebenarnya lebih merupakan efek sampingan. Khasiat utamanya, ya lain lagi. Katakanlah obat dari golongan cyproheptadin, sebetulnya merupakan obat antialergi atau antihistamin, tapi salah satu efek sampingannya memang bisa meningkatkan nafsu makan. Ada juga obat anabolik yang mengandung hormon, dan berpotensi menyebabkan pembesaran otot dan penambahan bobot badan.
Meski sering digunakan untuk merangsang pertumbuhan anak, anabolik mempunyai efek sampingan. Obat-obat itu pula yang kerap disalahgunakan oleh sementara orang sebagai obat “penambah nafsu makan”. Jenis obat konvensional lain yang juga sering diberikan untuk mendongkrak kemauan anak makan adalah vitamin, khususnya vitamin B kompleks dan beberapa suplemen makanan.
Sebenarnya, ada dua hal yang bisa menyebabkan anak tidak mau makan atau kehilangan nafsu makan. Pertama, secara fisiologis, yakni lantaran anak menderita penyakit tertentu. Misalnya, seriawan, demam, anemia, dan sebagainya. Nafsu makan akan pulih setelah penyakitnya sembuh.
Penyebab kedua, lantaran persoalan psikis, biasa disebut anoreksia nervosa. Gejala ini muncul akibat kondisi psikis anak, seperti keadaan yang hendak berangkat remaja sehingga anak ta-kut gemuk di tengah teman gaulnya yang rata-rata kerempeng, atau adanya gangguan emosional tertentu sehingga anak tergerak menjauhi makanan. Hilangnya nafsu dan keinginan untuk makan jenis ini sering diiringi berkurangnya berat badan.
Jika memang masalah psikis yang memicu persoalan, hanya perbaikan kondisi psikis pula yang dapat membangkitkan kembali nafsu makan yang pergi entah ke mana.
Campur madu
“Tadi kamu menyebut-nyebut soal resep alternatif. Maksudnya apa?” tanya Astrid, cukup mengagetkan Maria. “Masak kamu enggak tahu. Itu lo, resep tradisional yang sudah ada sejak zaman nenek moyang.” Beberapa tanaman obat dan rempah-rempah yang ada di dapur, secara empiris memang dapat digunakan sebagai penambahan.